Rabu, 12 Januari 2011

Akibat Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium bias memicu berbagai macam ganguan kesehatan. Diantaranya adalah :

Nyeri otot tulang Dan kram.


Kekurangan kalsium menyebabkan pergerakan yang tidak normal pada seluruh otot licin dan otot jantung, sehinga tubuh kehilangan kelincahan, pengendalian keseimbangan gerakan dan kemampuan koordinasi. Gerakan tubuh ditentukan oleh stimulasi otot tulang, sementara rangsangan otot tulang timbul karena peran kalsium yang sangat penting. Keropos tulang/osteoporosis. Kalsium juga sebagai elemen tulang yang member ikekerasan pada tulang, sehinga kalsium menjadi kerangka yang mampu menanggung berat badan. Jika dalam substansi tulang tidak terdapat endapan kalsium yang cukup, akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang, sehingga volume tulang akan berkurang.

Kelainan tulang rusuk.

Gizi yang tidak baik, kekurangan sinar matahari/ultraviolet menyebabkan elemen tulang tidak dapat mengendap secara normal pada bagian pertumbuhannya. Dengan demikian timbul penyakit Rachitis. Ciri cirri utamanya adalah kraniotabes, kelainan tulang rusuk di dada bisa disebut dada ayam, kaki type O Dan kaki type X.

Kekebalan tubuh berkurang.

Kesehatan seseorang diambang bahaya, jika kekurangan kalsium memicu terjadinya penurunan kekebalan tubuh. Karena dengan kekurangan imunitas tubuh terhadap serangan penyakit, maka dengan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit yang seharusnya bisa ditangkal oleh system kekebalan tubuh.

Memperburuk kencing manis.

Pada penyakit kencing manis, oleh karena skresiair seni yang mengandung gula dalam jumlah besar, si pasien bagaikan sebatang pohon besar yang layu. Dengan demikian fungsi tubuhnya semakin merosot. Begitu banyak urine yang keluar, maka kalsium juga terbuang dalam jumlah besar.

Daya ingat berkurang.

Ion kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman sinyal syaraf. Rangsangan pada syaraf otak besar berhubungan erat dengan tranmisi ion kalsium di dalam dan diluar neuron. Ketika organisme kekurangan kalsium, dendosignal syaraf juga mengalami hambatan mekanisme rangsangan dalam tubuh manusia juga mengalami kerudakan. Gejala pada anak anak mudah kaget, menangis di malam hari, resah, sulit tidur dan super aktif.

Ganguan dalam jantung.

Jantung mengemban tugas untuk mempertahankan nyawa. Meski hanya sebesar kepalan tangan, jantung mampu mengantarkan darah setiap saat kesetiap sel dalam tubuh. Kemampuan ini berasal dari konstraksi otot jantungsecara terus menerus. Padahal konstraksi dan ekspansi jantung serta penyimpanan dan pengunaan energinya tidak lepas dari pengaruh kalsium.

Penyumbatan pembuluh darah.

Ketika terjadi perubahan patologis berupa pengerasan pembuluh nadi, dinding pembuluh menebal dan mengeras, sehingga kehilangan sifatlenturnya dan terjadi penyempitan, maka ion kalsium akan berperan aktif. Ciri penyumbatan darahnya sendiri antara lain terjadinya peningkatan zat lemak, terbentuknya asam darah dan bertambahnya benda asing pada dinding pembuluh darah.

Kram otot lambung Dan usus.

Dalam system pencernaan ion kalsium bukan saja dapat memelihara dan mengendalikan aktifitas pencernaan, tapi juga terlihat dalam stimulasi dan ekspresi enzim pencernaan. Tempat pencernaan kalsium berada di ujung atas usus kecil. Penyerapan yang paling cepat di usus dua belas jari, tetapi volume penyerapan yang besar terjadi pada usus ileum yang paling panjang. Penyerapan kalsium terutama di lakukan selaput lender usus. Ini adalah jalan tembus utama sehinga dapat mempertahankan kandungan kalsium yang normal. Kalau seseorang menderita sakit perut atau diare menahun sehinga menganggu penyerapan kalsium oleh usus dan menyebabkan kalsium darah menurun, maka ini kana merangsang paratoiron, sehinga kekentalan ion kalsium dalam sel usus meningkat dan menimbulkan kram otot pada lambung dan usus. Oleh sebab itu pada pasien diare, asupan kalsium sesegera mungkin juga dapat mengurangi gejala diare. Luka pada lambung dan usus 12 jari akibat penghancuran selaput lender lambung yang di timbulkan oleh asam lambung tidak teratur pada pola makanan. Berbaliknya kelenjar empedu atau karena kecemasan pengeluaran asam lambung yang terlalu banyak, merupakan penyebab utama tukak. Kekurangan kalsium juga bisa menimbulkan asam lambung yang berlebihan, kekentalan gastrin terlalu tinggi dan bertambahnya pepsin, sehingga mengakibatkan tukak saluran pencernaan. Oleh sebab itu, bersamaan dengan pengobatan rutin penambahan kalsium yang cukup merupakan tindakan yang sangat di perlukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar